Tuesday, May 21, 2013

Rimac Concept One, Supercar Listrik 1.088 Hp Dari Kroasia




Inilah mobil yang menurut Mate Rimac, CEO dari Rimac Automobili, sebagai mobil yang sempurna. "Kami telah membuat mobil yang sama kencangnya dengan Bugatti, secantik Ferrari, semewah Mercedes-Benz, dan sama sekali tidak mengkonsumsi setetes bensin pun," ujar pria asal Kroasia itu.

Wajar saja jika pria berusia 24 tahun tersebut begitu bangga akan hasil karyanya itu, sebab, yang pertama, mobil ini didesain oleh tim desainer eks rumah modifikasi Pininfarina. Kemudian kedua, interiornya dikerjakan oleh pengrajin kulit terbaik dari Vilner, Bulgaria. Ketiga, Rimac Concept One ini bertenaga 1.088 Hp. Dan hebatnya, tenaga supercar yang bisa melesat dari posisi diam hingga 100 Km/h dalam tempo 2.8 detik (Bugatti Veyron 2.5 detik dan Ferrari 599 GTB 3.5 detik) ini bersumber dari hanya motor listrik.

Rimac Concept One adalah mobil listrik. Bagaimana bisa? Untuk menggerakkan mobil ini, Rimac Automobili mengembangkan empat tenaga penggerak yang unik. Setiap roda pada Rimac Concept memiliki satu unit motor listrik, inverter, dan reduction gearbox. Sistem penggerak pada tiap-tiap roda ini bersifat independen. Sistem penggerak ini diberi nama All Wheel Torque Vectoring (AWTV).

Hasilnya, keempat motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 1.088 Hp dan diklaim sanggup menembus kecepatan lebih dari 300 Km/h. Sumber energinya disimpan pada sebuah baterai berkapasitas 92 kWh yang dilapisi pendingin cair. Tenaga listrik sebanyak itu dapat digunakan Rimac untuk berjalan sejauh 600 Km. "Menurut saya, motor listrik adalah mesin yang jauh lebih baik ketimbang mesin bakar (internal combustion engine)," sebut Mate optimis.

Untuk mengimbangi kecepatannya, Rimac harus menggunakan ban berperforma tinggi agar menghasilkan pengendalian yang memadai. Rimac Concept menggunakan ban buatan manufaktur asal Belanda, Vredestein tipe Ultrac Vorti series, yang dirancang khusus secara bersama dengan ItalDesaign Giugiaro. Karet bundar berukuran 245/35R20 (depan) dan 295/30R20 (belakang) membalut velg HRE yang ringan.

Mobil yang sempat ditunjukkan dalam pameran Frankfurt Motor Show 2011 lalu ini hanya diproduksi terbatas sebanyak 88 unit saja. Jika Fisker dan Tesla sepertinya sudah puas menganggu segmen luxury sport sedan bertenaga listrik, maka beda halnya dengan Rimac. Supercar elektrik asal Kroasia ini tidak main-main dan langsung membidik Bugatti serta Ferrari sebagai musuhnya. Anda berminat untuk memilikinya? Silakan tebus mobil ini seharga 1 Juta US Dolar atau hampir 10 Miliar Rupiah.


 Sumber : www.modifikasi.com

No comments:

Post a Comment