Kita semua tahu Tesla Model S akan menyelamatkan dompet anda di pompa bensin, tapi berapa banyak yang tahu seperti apa sedan populer Tesla tersebut dalam menyelamatkan hidup Anda?



Menurut NHTSA, Tesla baru-baru ini medapat peringkat lebih tinggi daripada mobil lainnya - termasuk SUV dan minivan - dalam sejarah NHTSA. Ujian ini mengukur kemungkinan cedera dari depan, samping, belakang, dan terguling. Dari depan, Model S tidak ada blok mesin besar yang bisa mencederai orang-orang didalam. Crumple zone yang lebih panjang mampu menyerap impact saat kecepatan tinggi, sehingga isi dari bagasi depan yang harus kita khawatirkan.

Untuk bagian samping, Tesla memasukkan teknik engineering yang biasa digunakan untuk Apollo Lunar Lander, yaitu memasang beberapa deep aluminum extrusions di side rail, yang mampu mempertahankan ruang pengemudi hingga 64%. Volvo S60, yang berada di posisi kedua, hanya mencetak 7% pada tes yang sama. Untuk bagian belakang, Tesla menggunakan bumper ganda untuk mengamankan tempat duduk baris ketiga.

Skor tinggi pada tes terguling disebabkan oleh baterai yang dipasang di bawah dek. Sebuah roof crush test menunjukkan bahwa atap mobil ini mampu menahan lebih dari 4 Model S yang ditumpuk diatasnya. Tesla menguji secara internal sampai titik terlemah dari mobil mencapai 5 star. Secara keseluruhan, Model S mencapai skor yang tak tertandingi, 5.4.

Mobil ini sangat aman. namun seharusnya hal in tidak menjadi sebuah kejutan, karena mobil ini berisi komponen Aerospace grade. Dan lagi, kita berbicara tentang sebuah perusahaan yang selalu mencoba membangun pesawat luar angkasa. (carbuzz 22/8/2013)